Sunday 11 May 2014

Dendrobium

Salam hangat teman-teman........
Lama punya blog, tapi lum kpikiran mau nulis apa. Baru setelah memutuskan untuk serius bergelut dibidang pertanian, saya bisa sedikit berbagi informasi.
Singkat cerita karena jaman kuliah dulu suka banget ma bunga  anggrek plus cinta ma kultur jaringan (kuljar), saya memutuskan untuk mulai dengan budidaya anggrek yang bibitnya berasal dari perbanyakan kuljar.


Bibit anggrek hibrida ini saya dapat dengan memesan secara online. Kelemahan memesan online adalah tidak ada jaminan pasti saat  pengiriman, alhasil satu dari 2 botol bibit anggrek yang saya pesan rusak dengan beberapa tanamannya batangnya banyak yang patah.
Tapi ya sudahlah, itu resiko yang harus dihadapi karena blm punya lab kuljar sendiri. Aklimatisasi pertama saya lakukan pada anggrek hibrida tipe 2612 yang rusak tadi. Bahan2 yang perlu disiapkan antara lain: bak berisi air 2 buah, kertas koran, handspray, dan tray pembibitan anggrek. Langkah2 aklimatisasi yang saya lakukan mengikuti prosedur yang saya dapat ketika kuliah. Caranya adalah
1. Buka tutup penyumbat botol, dan pecahkan botol didalam ember atau bak yang terisi air. Cara ini menurut saya lebih efisien dan efektif karena selain cepat juga meminimalisir kerusakan anggrek jika dikeluarkan satu persatu dengan pinset/kawat berlekuk u (alat ini sering digunakan saat pindah tanam ke botol lain/saat aklimatisasi)
2. Jika botol sudah pecah, pisahkan anggrek yang masih ditempeli media tanam kuljar  ke bak berisi air lainnya.

Buang sisa pecahan botol ditempat yang aman (tidak membahayakan orang lain)

3. Bersihkan media kuljar yang masih menempel diakar anggrek dengan membasuhkan air secara perlahan (jangan sampai merusak anggrek, terutama bagian akarnya).

Jika sudah bersih sebaiknya tiriskan anggrek diatas selembar koran atau dalam tempat yang berlubang tujuannya agar anggrek tidak terlalu basah. Saat memindahkan anggrek ke koran bisa dilakukan pengecekan ulang apakah akar anggrek sudah benar2 bersih dari media kuljar. Jika masih ada sisa2 sedikit yang menempel pd pangkal batang anggrek, bersihkan ulang dengan cara menyemprotkan air dari handspray.
4. Letakkan anggrek ditray pembibitan, peletakkan bisa berurut mulai dari ukuran tanaman terbesar sampai terkecil. Jika botol yang dipecahkan banyak, maka gunakan tray yang berbeda untuk setiap ukuran anggrek. Hal ini bertujuan memudahkan perawatan terutama saat penyiraman dan pemupukkan.
5. Siram anggrek setiap ukuran2x hari, pagi  dan sore hari. Letakkan tray dibawah tanaman atau ditempat teduh yang terkena sinar matahari.

No comments:

Post a Comment